SELAMAT DATANG

SELAMAT DATANG ►►INI ADALAH BLOG SALAH SATU GURU MATEMATIKA SMA NEGERI 1 SUNGAI PENUH PROVINSI JAMBI- "SEMOGA ISINYA BERMANFAAT"

Kata kata motivasi untuk hari ini

Kebahagiaan tertinggi seorang guru adalah ketika melihat muridnya sukses

Sabtu, 06 Oktober 2012

Hanya 17 Persen Lulusan SMA di Jambi Lolos SNMPTN


Rektor Universitas Jambi Aulia Tasman mengatakan, dari 24 ribu lebih siswa lulusan SMA sederajat di Provinsi Jambi pada 2012 hanya 17 persen yang masuk ke perguruan tinggi melalui SNMPTN.

Menurut dia, kondisi ini sangat memprihatinkan. Keberhasilan masuk melalui SNMPTN dapat menjadi salah satu indikator keberhasilan pendidikan, sebab Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan jalur penerimaan mahasiswa yang terbilang ketat dan murni.



"Sangat memprihatinkan sekali. Bayangkan, dari 24 ribu siswa yang lulus SMA tahun 2012, hanya 17 persen saja yang lulus melalui SNMPTN. Dimana 83 persennya?," katanya, Jumat (5/10/2012).

Menurut Aulia Tasman, secara umum siswa yang mampu bersaing dalam SNMPTN berasal dari sekolah-sekolah dalam Kota Jambi. Sementara siswa dari SMA di daerah secara umum tidak mampu bersaing dalam SNMPTN ini.

Berdasarkan data dari Universitas Jambi, tercatat jumlah lulusan SMA dari Kota Jambi yang diterima di SNMPTN mencapai 229 orang.

Sementara,lulusan SMA dari kabupaten Merangin, yang lolos SNMPTN hanya mencapai 28 orang. Kota Sungai Penuh dan Kerinci hanya 36 orang. Kabupaten Bungo 28 orang, Sarolangun 20 orang, Tebo 22 orang, Batanghari 34 orang, Tanjabbar 24 orang, Tanjabtim 13 orang.

Minimnya lulusan SMA di Jambi yang lolos dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ini menurut Aulia Tasman lebih disebabkan sistem pengajaran dan rendahnya SDM pengajar yang ada.

"Ini harus diwaspadai, dan dicarikan jalan keluarnya, jangan sampai soal ini akan menjadi masalah ke depannya," kata Aulia.

Selain minimnya jumlah siswa yang lolos dalam SNMPTN masalah lain yang menjadi persoalan serius adalah minimnya daya tampung Perguruan Tinggi di Jambi.

"Daya tampung perguruan tinggi negeri di Jambi hanya 11 ribu, sementara lulusan SMA 24 ribu. Ini jelas akan menjadi masalah," sebutnya.

Persoalan daya tampung ini akan menjadi soal pada tahun 2013 sebab, seperti diakui Aulia Tasman, pada tahun tersebut pihaknya akan mengutamakan mahasiswa undangan dengan kuota 60 persen.

Selain itu diakui Aulia, pihaknya akan membantu mahasiswa asal Jambi untuk masuk ke PTN melalui program UMB. "Persaingan SNMPTN dilakukan secara nasional, sedangkan persaingan dalam UMB dilakukan antara alumni SMA di Jambi saja," katanya.

Tidak ada komentar: